KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA TANJUNG KABUPATEN SAROLANGUN

Ardiansyah, Robi and SS, Ahmad Syukri and Anwar, Kasful (2022) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA TANJUNG KABUPATEN SAROLANGUN. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Swasta Tanjung Kabupaten Sarolangun)
801192034_KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA TANJUNG KABUPATEN SAROLANGUN – Lampiran Full Text .pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Swasta Tanjung Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian ini meliputi penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini bersumber dari kepala sekolah, guru dan komite atau wali murid Madrasah Aliyah Swasta Tanjung Kabupaten Sarolangun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat merumuskan masalah sebagai berikut, bagaimana keadaan kompetensi profesional guru, kebijakan kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Swasta Tanjung Kabupaten Sarolangun. Kebijakan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesional guru yaitu pembinaan disiplin dan motivasi guru, pembentukan profesional guru melalui AGPMP (Asosiasi Guru untuk Peningkatan Mutu Pendidikan) atau KKMA (Kelompok Kerja Madrasah Aliyah) untuk mengikuti seminar pendidikan, penataran, pelatihan, mengadakan diskusi, musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), pertemuan guru, studi kelompok antar guru, mengadakan rapat guru, melanjutkan pendidikan persamaan serta jenjang Magister bagi guru yang berkeinginan. Faktor pendukung yang paling penting adalah keseriusan dan komitmen kepala sekolah, sebab dengan adanya keseriusan kepala sekolah dapat menjadi modal besar dan paling berharga dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Disamping itu, SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan kualitas pendidikan di sekolah. meliputi kepala sekolah, guru, staf, tenaga pendidikan lainnya, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat yang memiliki kepedulian kepada sekolah sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kebijakan, Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 27 May 2022 02:27
Last Modified: 27 May 2022 02:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item