UPAYA ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI DESA PONDOK MEJA KABUPATEN MUARO JAMBI KECAMATAN MESTONG

Supriadi, Angga and Magdalena, Rts and Mukhlis, (2018) UPAYA ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI DESA PONDOK MEJA KABUPATEN MUARO JAMBI KECAMATAN MESTONG. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
ANGGA SUPRIADI-TP140791 - Dinni Computer.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agam anak. Pembahasan skripsi ini di maksudkan untuk mengetahui adakah pengaruhnya antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap anak di masyarakat. Belakangan ini kita seriing melihat orang tua yang karena terlalu sibuk bekerja sehingga melupakan pendidikan anak dan menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah. Padahal sejatinya keluarga adalah pendidik utama bagi anak, karena dilingkungan keluarga, anak banyak mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya. Penelitian ini berlokasi di Desa Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi Kecamatan Mestong. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus tahun 2018. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Jenis data yang di kumpulkan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Metode pengempulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Bentuk-bentuk pendidikan agama dalam keluarga bagi anak diwujudkan dalam bentuk mendidik anak agar memiliki akhlak terpuji, mengajarkan anak Al Qur’an, mengajarkan anak mengenai keimanan dan ibadah. Kendalanya adalah kesibukkan orang tua dalam bekerja, pengaruh berbagai media yang merusak, pendidikan orang tua rendah dan pengaruh lingkungan. Upayanya yaitu dengan memberikan keteladanan dalam mengamalkan ajaran agama, membiasakan anak mengamalkan ajaran agama, memberi nasehat kepada anak agar mentaati perintah agama dan memasukkan anak ke pengajian Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Magdalena
Keywords / Katakunci: pendidikan, agama, keluarga, anak
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 May 2019 04:02
Last Modified: 05 Nov 2019 03:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item