TULISAN AYAT KURSI SEBAGAI PELINDUNG RUMAH DI DESA SUNGAI TAWAR KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

FAIZ, MUHAMMAD and Halim, Abdul and Kailani, Mohd (2022) TULISAN AYAT KURSI SEBAGAI PELINDUNG RUMAH DI DESA SUNGAI TAWAR KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (TULISAN AYAT KURSI SEBAGAI JIMAT PELINDUNG RUMAH DI DESA SUNGAI TAWAR KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR)
301180063 TULISAN AYAT KURSI SEBAGAI JIMAT PELINDUNG RUMAH DI DESA SUNGAI TAWAR KECAMATAN MENDAHARA KEBUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bentuk pelaksanaan Tulisan Ayat Kursi Sebagai Jimat Penangkal Rumah dari gangguan makhluk halus. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat Desa Sungai Tawar yang mempercayai dari perantaraan Jimat penangkal rumah yang ditulis Ayat Kursi dapat memberikan keselamatan atau gangguan dari makhluk halus. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui permasalahan utamanya yaitu bagaimanakah sejarah dan apa landasan dari Jimat penangkal rumah yang terjadi dikalangan masyarakat Desa Sungai Tawar dan bagaimana proses penulisan Ayat Kursi sebagai Jimat penangkal rumah. Kemudian apa pemahaman dan manfaat bagi masyarakat yang menggunakan tulisan Ayat Kursi sebagai Jimat penangkal rumah dari gangguan makhluk halus. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui tiga tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang penulis gunakan untuk mendapat data yang tepat dan benar melalui tiga poin yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian penulis dibantu juga dengan pendekatan fenomenologi dengan alasan agar penulis dapat mengetahui pemahaman dari masyarakat Desa Sungai Tawar dalam menggunakan Tulisan Ayat Kursi yang dijadikan sebagai jimat penagkal rumah dari gangguan makhluk halus. Hasil dari penelitian ini yang penulis dapatkan dari wawancara beberapa masyarakat Desa Sungai Tawar adalah bahwa landasan Jimat sebagai Penangkal Rumah dari gangguan makhluk halus ini berlandaskan pada QS. Al-A’raf Ayat 200. Dalam proses menempelkan jimat yang dituliskan Ayat Kursi sebagai penangkal rumah dari gangguan makhluk halus. Datuk H. Supardi melakukan shalat 2 raka’at sebelum menempelkan jimat tersebut ke atas pintu rumah. Kemudian pemahaman dan manfaat yang diyakini oleh para masyarakat Desa Sungai Tawar, bahwa Ayat Kursi yang ditulis dan dijadikan penangkal rumah memiliki banyak keutamaan, seperti keselamatan atau rumah bisa terlindungi dari gangguan makhluk halus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: tulisan Ayat Kursi sebagai Jimat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Date Deposited: 25 May 2022 04:49
Last Modified: 25 May 2022 04:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item