PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 MERANGIN

Rahayu, Cindy Sri and Usmar, Ali and Wendra, Betri (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 MERANGIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
208180051 pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik di sekolah menengah atas negeri 4 merangin.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMAN 4 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Postest Only Control desaign, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel dalam penelitian ini yaitu 19 orang pada kelas eksperimen dan 19 orang pada kelas control. Data hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh rata-rata hitung 102,61 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hitung 71,90 . Data penelitian dianalisis menggunakan uji t-tes dan uji korelasi phi. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh t_hitung = 4,247 pada taraf signifikan 5% diperoleh 2,028 dan taraf signifikan 1% diperoleh 2,721 dengan demikian 2,028<4,247>2,721 Sehingga H_0 di tolak , artinya kedua variabel terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk melihat berapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar digunakan perhitungan korelasi phi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Φ = 0,478091 lebih besar dari pada pada r_tabel taraf signifikansi 5 % dan 1 % yaitu 0,329<0,478>0,424 maka H_0 ditolak. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Bimbingan Belajar
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 May 2022 04:35
Last Modified: 25 May 2022 04:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item