PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

Hidhayaty, Desvita Nur and Tabroni, Tabroni and Trimadona, Eliza (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi)
201180200 Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang keadaan siswa yang merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga peranan guru Bimbingan Konseling sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen Pengumpulan Data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Rasa Percaya Diri merupakan sebuah sifat terpuji yang harus dimiliki siswa agar mereka mampu untuk bersaing dengan sehat dan merasa bangga dengan potensi yang ada pada diri mereka.Peranan guru Bimbingan Konseling disini adalah untuk memberikan motivasi, bimbingan, arahan dan nasehat yang diberikan kepada siswa melalu dilaksanakannya pelayanan bagi siswa. Adapun pelayanan yang dilaksanakan untuk memotivasi dan meningkatkan rasa percaya diri siswa yaitu dengan diberikan layanan orientasi, layanan informasi, layanan bimbingan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling individu dan layanan konseling kelompok.Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengatahui peran yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling untuk memotivasi siswa meningkatkan rasa percaya diri, (2) mengetahui cara guru Bimbingan Konseling dalam memberikan motivasi kepada siswa, (3) mengetahui bentuk motivasi yang diterima siswa dari guru Bimbingan Konseling untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peranan, Guru Bimbingan Konseling, Rasa Percaya Diri, Motivasi
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 May 2022 07:33
Last Modified: 25 May 2022 07:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item