PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI

RAHMAWATI, RANTIKA and Junaid, M. and Hartoyo, Zainal (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI)
206180004 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pemebelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan konsep fisika siswa pada materi tekanan zat di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental dengan menggunakan desain Nonequivqlent Control Group Design, untuk instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa pemberian soal tes berbentuk uraian yang berjumalh 5 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, sampel diambil dengan teknik sensus/sampling total. Dimana kelas VIIIA sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelass kontrol. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi dikelas eksperimen 90 dan skor terendah 50, dengan rata-rata 71,30 sedangkan dikelas kontrol diperoleh skor tertinggi 85 dan terendah 30, dengan rata-rata 58,77. Berdasarkan perhitungan menggunakan Uji-T diperoleh 4,035 pada taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel 2,008 dan taraf signifikan 1% t_tabel 2,674 dengan demikian 2,008<4,035>2,674 sehingga H_a diterima, jadi dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Penguasaan Konsep
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 May 2022 04:38
Last Modified: 24 May 2022 04:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item