TRADISI PEMBACAAN QULHU 100.000 SETELAH KEMATIAN DI DESA PULAU BETUNG KECAMATAN PEMAYUNG KAJIAN LIVING QUR’AN

Indirwan, Indirwan and Lahmuddin, Lahmuddin and Taufik, Ahmad (2022) TRADISI PEMBACAAN QULHU 100.000 SETELAH KEMATIAN DI DESA PULAU BETUNG KECAMATAN PEMAYUNG KAJIAN LIVING QUR’AN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Tradisi Pembacaan Qulhu 100.000 Setelah Kematian di Desa Pulau Betung Kecamatan Pemayung Kajian Living Qur'an)
301180050 Judul-lampiran fulltext..pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ayat Al-Qur’an yang hidup di tengah masyarakat tepatnya di Desa Pulau Betung, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batang Hari. Tradisi ini telah dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun, yang mana tradisi tersebut berupa pembacaan qulhu 100.000 setelah kematian 3 malam berturut-turut, hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengungkapkan makna dari tradisi tersebut, baik dari segi proses pelaksanaannya, landasan dan persepsi masyarakat dari tradisi tersebut. Dalam menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptip kualitatif dengan pendekatan Living Qur’an dan fenomenologi. dan penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Jadi penulis berhadapan langsung dengan responden untuk mengumpulkan data-data informasi yang dibutuhkan, kemudian setelah data-data terkumpul penulis mendeskripsikan yang kemudian di olah dalam tahap analisis hasil pembahasan. Hasilnya Peneliti menemukan alasan mengapa masyarakat melaksanakan tradisi pembacaan qulhu 100.000 setelah kematian. masyarakat memahami bahwa membaca qulhu 100.000 ini kemudian di hadiahkan kepada si mayit yang telah meninggal di dunia agar di ampuni dosanya, sebagai bekal amalnya di akhirat, lebih-lebih dapat membantu si mayit agar terbebas dari api neraka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tradisi, Living Qur’an dan Surah Al-Ikhlās.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Date Deposited: 25 May 2022 04:57
Last Modified: 25 May 2022 04:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item