Penerapan Metode Ice Breaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Batang Hari Provinsi Jambi

Nazar, Ahlun and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2022) Penerapan Metode Ice Breaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Batang Hari Provinsi Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Metode Ice Breaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 2 Batang Hari Provinsi Jambi)
Skripsi_Ahlun_Nazar[1]-1.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode ice breaker dalam meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Batang Hari Provinsi Jambi. Kesulitan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 4. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penerapan metode pembelajaran Ice Breaker. Keberhasilan dalam belajar siswa ditunjukkan pada tiap-tiap siklusnya, dimulai dari observasi persentase siswa yang tuntas yaitu 32.25 jumlah siswa yang berhasil yakni 10 siswa dari 31 jumlah keseluruhan siswa, sementara target untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas 54.83 jumlah siswa yang berhasil yakni 17 siswa. Pada Siklus II mengalami peningkatan dengan persentase yang tuntas 80.64 jumlah siswa yang berhasil yakni 26 siswa. penerapan metode Ice Breaker dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batang Hari Provinsi Jambi. Ini menunjukkan bahwa Penerapan metode Ice Breaker dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batang Hari Provinsi Jambi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar para guru dapat menerapkan Metode Ice Breaker dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sekiranya disesuikan dengan materi yang memang membutuhkan untuk menggunakan metode Ice Breaker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan Metode Ice Breakar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 May 2022 07:45
Last Modified: 25 May 2022 07:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item