PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA

SHOLEHAH, IMRO’ATUS and Susanti, Try and Kurniawan, Fery (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA. Skripsi thesis, UINSTS JAMBI.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA)
IMRO’ATUS SHOLEHAH.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode inquiry terhadap sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Quasi Experimental Design yaitu Postest-Only Control Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Nurul Ilmi Jambi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa skor rata-rata sebelum dan skor rata-rata sesudah menggunakan pembelajaran Inquiry yaitu 76,8 dan 87,2. Berdasarkan analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 7,1 tt 5% = 2,120 sedangkan tt 1%= 2,947. Peneliti menemukan bahwa penggunaan model kooperatif dengan pembelajaran Inquiry terdapat pengaruh terhadap sikap ilmiah siswa. Saran untuk pihak terkait untuk dapat mengaitkan materi pembelajaran Biologi dalam penyusunan kurikulum dengan pembelajaran Inquiry, dan untuk peneliti selanjutnya pergunakan waktu pembelajaran sebaik mungkin dalam menerapkan metode pembelajaran Inquiry. Kata Kunci: Pembelajaran Inquiry, Biologi, Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Inquiry, Biologi, Sikap Ilmiah.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 May 2022 03:41
Last Modified: 23 May 2022 03:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item