ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 KOTA JAMBI

Ayra, Nur Fadillah and Idarianty, Idarianty and Rapiko, Rapiko (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi)
Tm 161333 ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 KOTA JAMBI-Lampiranwm.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori polya pada siswa kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya sebagian besar siswa masih banyak yang sulit memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita yakni 1) dalam memahami masalah, siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. 2) merencanakan masalah, siswa tidak dapat mengilustrasikan soal dan tidak mampu menentukan hal-hal yang diketahui sehingga siswa tidak dapat menentukan rumus yang sesuai. 3) melaksanakan rencana, kurangnya penguasaan siswa dalam materi pythagiras dan akibat kesalahan yang dilakukan sebelumnya. 4) melihat kembali, siswa kurang teliti dan terburu-buru dalam memeriksa jawabannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Analisis Kesalahan, Teori Polya, Soal Cerita Matematika
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 May 2022 02:55
Last Modified: 24 May 2022 02:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item