DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SEDERAJAT

Wijayanti, Putri and Badariah, Badariah and Syahbani, Nispi (2021) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SEDERAJAT. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Sederajat)
207173007_Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Sederajat_Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi berbasis nilai-nilai Islami. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan (develop) saja dikarenakan waktu, biaya dan tenaga yang tidak memungkinkan untuk tahap penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran Biologi materi ekosistem yang dikembangkan dikategorikan valid/layak untuk digunakan dan diujicobakan kelapangan berdasarkan penilaian 4 validator ahli yaitu ahli Desain dengan persentase 83,3%, ahli Materi dengan persentase 93,3%, ahli Bahasa dengan persentase 90%, dan ahli ayat-ayat Al-Qur'an dengan persentase 95%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Bahan ajar LKPD ini termasuk dalam kategori praktis. Kategori ini dapat dilihat dari angket respon hasil penilaian guru mata pelajaran biologi dengan persentase 100% dan angket respon peserta didik dengan persentase 96,82%. Dengan demikian bahan ajar berupa LKPD yang dikembangkan valid/layak dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran Biologi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan sekolah-sekolah untuk dapat menggunakan LKPD yang lebih menarik lebih kurang seperti LKPD yang telah peneliti kembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: LKPD, biologi, Nilai-nilai Islami
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 May 2022 02:30
Last Modified: 24 May 2022 02:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item