Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam Dan Kristen Di Desa Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi)

Dewi, Sintia and Ham, Muhsin and Tuhri, Mufdil (2022) Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam Dan Kristen Di Desa Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam Dan Kristen Di Desa Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi))
SKRIPSI SINTIA DEWI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kerukunan antar umat beragama merupakan sebuah keadaan yang memungkinkan bagi umat yang berbeda keyakinan untuk hidup secara berdampingan dengan saling menerima, saling menolong, menghormati masingmasing keyakinan serta bekerjasama demi mencapai tujuan bersama. Penelitian ini membahas tentang kerukunan yang terjadi antara umat Islam dan Kristen di Desa Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, yaitu tentang pemahaman masyarakat terhadap makna kerukunan, tentang bentuk kerukunan yang terjadi dalam interaksi sosial serta faktor pendukung dan penghambat terjadinya kerukunan di Desa Kemingking Luar. Pendekatan yang peneliti gunakan/penulis adalah penelitan lapangan (faild research) dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi. Tehnik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan mengenai analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Kesimpulan dari skripsi yang berjudul “Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam dan Kristen di Desa Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi)” bahwa kerukunan antara umat Islam dan Kristen di Desa Kemingking Luar terjaga dengan baik, hal ini terlihat dari tidak pernah terjadinya perselisihan dan konflik antar umat beragama di sana. Selain itu, interaksi antar umat beragama di sana juga terjalin dalam berbagai kegiatan dan kesempatan seperti pada saat perayaan hari besar masing-masing agama, pada kegiatan sosial kemasyarakatan dan ekonomi. Faktor pendukung dan penghambat juga terdapat dalam terbentuknya kerukunan di Desa Kemingking Luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Date Deposited: 23 May 2022 01:50
Last Modified: 23 May 2022 01:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11833

Actions (login required)

View Item View Item