KEPEMIMPINAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI JAMBI

NASRIL, NASRIL and Muntholib, Muntholib and Us, Kasful Anwar (2022) KEPEMIMPINAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI JAMBI. Disertasi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KEPEMIMPINAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI JAMBI)
DISERTASI NASRIL TERBUKA .Pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kepemimpinan perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus tiga STAI di provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian adalah STAI Yasni Muara Bungo, STAI Muara Bulian, dan STAI Ma’arif Jambi. Subjek penelitian meliputi ketua STAI, dosen, dan staf. Hasil penelitian yaitu: 1) Kendala mutu pendidikan perguruan tinggi belum optimal yaitu kurangnya sosialisasi program kampus, aktivitas kampus mayoritas berbasis manual daripada informasi teknologi, infrastruktur kurang mencukupi kegiatan pelayanan, kemampuan IT dan bahasa asing dosen dan mahasiswa masih rendah, sistem reward masih minim bagi dosen dan mahasiswa berprestasi, sumber utama yang masih berasal dari biaya pendidikan mahasiswa, referensi dan literasi baru belum mampu menunjang pembelajaran, dan kampus belum memiliki lab bahasa lengkap. Penempatan dosen juga belum memenuhi kualitas karena ada yang tidak sesuai keahlian. 2) Kepemimpinan perguruan tinggi yakni menerapkan pola partisipasi para civitas akademika, mengoptimalkan potensi internal dan eksternal kampus, menerapkan strategi unggulan bagi dosen dan mahasiswa, dan menerapkan komunikasi aktif pimpinan dengan pegawai kampus. 3) Upaya pimpinan meningkatkan mutu perguruan tinggi adalah membentuk struktur kerja yang sistematis, menjelaskan deskripsi pekerjaan secara jelas, melakukan kerja sama dan studi banding dengan institusi pendidikan dan pemerintah baik swasta maupun negeri, memberikan kesempatan dosen melanjutkan S3 dan mengikuti sertifikasi dan pelatihan penelitian dan pengabdian masyarakat. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa kepemimpinan perguruan tinggi menentukan peningkatan mutu pendididikan di provinsi jambi. Kepemimpinan menerapkan partisipasi aktif dosen dan staf. Rekomendasi diajukan kepada ketua STAI, Kopertais, dan Dirjen Pendidikan Islam untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara intensif pada perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Keywords / Katakunci: Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2022 07:42
Last Modified: 20 May 2022 07:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item