PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM

Rohmah, Rizka Nur and Sissah, Sissah and Anita, Efni (2022) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM)
504180056 Judul - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan perdagangan bebas, persaingan industri UMKM Indonesia menjadi semakin ketat, yang menjadikan persaingan dari segala arah baik domestik, regional maupun global. UMKM masih menghadapi berbagai permasalahan mendasar, yaitu kualitas produk pemasaran dan keberlangsungan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing. Jenis penelitian ini kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 responden yang diambil dari UMKM jenis home industri nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam uji t masing-masing variabel inovasi produk dan strategi pemasaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Pada hasil uji F menunjukkan bahwa inovasi produk dan strategi pemasaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Inovasi Produk, Strategi Pemasaran, Keunggulan Bersaing
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 19 May 2022 07:52
Last Modified: 19 May 2022 07:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item