PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-HIDAYAH KOTA JAMBI

Sari, Rahmah and Usmar, Ali and Sundara, Vinny Yuliani (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-HIDAYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kota Jambi)
TM161347-SKRIPSI RAHMAH SARI.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah Kota Jambi pada pokok bahasan Perkalian pada Bilangan Bulat. Dalam pembelajaran perkalian bilangan bulat, terdapat berbagai masalah yang sering dijumpai, seperti siswa kurang mampu memahami konsep perkalian sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar yang didapatkan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari bukti apakah benar penggunaan alat peraga Batang Napier mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Desain. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes essay berjumlah 5 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji t_test dan uji korelasi Effect Size. Dari uji t_test pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 2,05<2,9742>2,76, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunaan alat peraga Batang Napier dengan tidak menggunakan alat peraga Batang Napier. Dan dari hasil uji korelasi Effect Size pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,514<1,08405>0,641, artinya bahwa penggunaan alat peraga Batang Napier berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Alat peraga Batang Napier, Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 May 2022 08:24
Last Modified: 20 May 2022 08:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item