PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Meidriani, Deby and Usmar, Ali and Wendra, Betri (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa)
TM161281 Judul – lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Skor motivasi belajar mahasiswa prodi tadris matematika, 2. Skor fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa, 3. Skor lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa, 4. Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa, 5. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa, 6. Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Skor motivasi belajar mahasiswa prodi tadris matematika dalam kategori sedang sebesar 60%, 2. Skor fasilitas belajar mahasiswa dalam kategori sedang sebesar 58%, 3. Skor lingnkungan belajar mahasiswa dalam kategori tinggi sebesar 64%, 4. Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, 5. Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, 6. Fasilitas belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa,koefisien determinasi ( ) sebesar 0,457 dapat diartikan bahwa 45,7% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa selain fasilitas belajar dan lingkungan keluarga yaitu peran dosen, materi kuliah, lingkungan teman, aspirasi dan kekasih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi belajar, fasilitas belajar, lingkungan keluarga dan faktor-faktor lain.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 May 2022 03:47
Last Modified: 23 May 2022 03:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item