Inventarisasi famili Araceae sebagai tanaman hias dengan potensi ekonomi bagi masyarakat

Triono, Temon and Susanti, Try and Suraida, Suraida (2022) Inventarisasi famili Araceae sebagai tanaman hias dengan potensi ekonomi bagi masyarakat. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Inventarisasi Famili Araceae Sebagai Tanaman Hias Dengan Potensi Ekonomi Bagi Masyarakat)
207173038 Inventarisasi Famili Araceae Sebagai Tanaman Hias Dengan Potensi Ekonomi Bagi Masyarakat-Lampiran full-text.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tumbuhan Araceae banyak dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman hias yang terdapat di pekarangan rumah, namun tumbuhan ini juga dapat ditemukan hidup liar di hutan. Araceae memiliki manfaat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, diantaranya dapat dijadikan sebagai obat-obatan dan sebagai bahan pangan. Beberapa spesies famili Araceae banyak ditemukan pada kawasan pinggiran aliran Sungai Batanghari di Kecamatan Mersam. Karena di sepanjang aliran Sungai Batanghari di kawasan tersebut dinilai masih asri dengan kondisi tempat yang lembab hingga cenderung basah dan lantai hutan dengan serasah daun yang merupakan habitat bagi famili Araceae tersebut. Oleh karena itu, masih banyak ditemukan tumbuhan dari famili Araceae. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis dan potensi tumbuhan famili Araceae yang terdapat di aliran sungai Batanghari, Kecamatan Mersam. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplorasi dan identifikasi dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan 7 jenis tumbuhan famili Araceae Colocasia esculenta (L.) Schott, Lasia spinosa (L.) Thwaites, Schismatoglottis sp, Syngonium podophyllum Schott, Typhonium sp, Caladium bicolor (Aiton) Vent dan Dieffenbachia seguine (Jacq) Schott. Berdasarkan 7 jenis spesies dari famili Araceae yang ditemukan semua memiliki potensi sebagai tanaman hias karena keunikan bentuk serta warna. Selain dapat dijadikan tanaman hias ada beberapa spesies lain yang dapat dijadikan sumber pangan dan obat obatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Inventarisasi, famili Araceae, tanaman hias
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 May 2022 07:43
Last Modified: 18 May 2022 07:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item