UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MEMBERIKAN EDUKASI TERHADAP MARAKNYA WABAH COVID-19 DESA KEBON IX KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI

SAPUTRA, RIDHO EKO and Hasanah, Dewi and Nasir, Nasir (2022) UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MEMBERIKAN EDUKASI TERHADAP MARAKNYA WABAH COVID-19 DESA KEBON IX KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (UPAYA TOKOH AGAMA DALAM MEMBERIKAN EDUKASI TERHADAP MARAKNYA WABAH COVID-19 DESA KEBON IX KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI)
SKRIPSI DHO.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya yang di lakukan oleh tokoh agama di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi, serta mendiskripsikan pelaksanaan program yang dilakukan dalam memberikan edukasi terkait COVID-19 di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi, dan kendala-kendala yang di hadapi oleh tokoh agama dalam menjalankan program edukasi terkait COVID- 19 tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu dengan meneliti program yang di lakukan oleh tokoh agama dalam edukasi COVID-19. Pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun program yang di laksanakan tokoh agama dalam memberikan edukasi terkait COVID-19 di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dengan mengadakan penyuluhan sosialisasi terkait upaya-upaya yang harus masyarakat lakukan untuk memutus mata rantai COVID-19 (penyuluhan setelah sholat Magrib, penyuluhan dari rumah ke rumah, penyuluhan saat kerja bakti bersama), mengajarkan kepada masyarakat terkhusus anak-anak terkait pelaksanaan prokes yang benar, ikut membagikan berbagai keperluan masyarakat terkait pemutus mata rantai COVID- 19, menyampaikan dan membimbing masyarakat terkait fatwa-fatwa yang di terapkan oleh Kemenag dan Majelis Ulama Indonesia terkait kehidupan sosial keagamaan di masa pandemic, menjadi sumber informasi terdekat masyarakat terhadap dinamika COVID-19, dan menjadi suritauladan yang baik ketika menghadapi COVID-19. Adapun kendala yang di hadapi oleh tokoh agama dalam memberikan edukasi terkait COVID-19 meliputi, faktor internal (pola pikir masyarakat), faktor eksternal (media alat-alat pelaksana: infocus, microfon, dan anak-anak). Kegiatan yang di laksanakan oleh tokoh agama ini lancar terlaksanakan dan mendapatkan respon yang positif bagi tokoh agama dan masyarakat dalam setiap kegiatan yang di jalankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tokoh agama, COVID-19, Masyarakat
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:33
Last Modified: 26 Apr 2022 06:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11683

Actions (login required)

View Item View Item