PENGEMBANGAN MEDIA MAZE 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS DI TK PERTIWI BANGKO

AISAH, SITI and Widdah, Minna El and Sukarno, Sukarno (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MAZE 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS DI TK PERTIWI BANGKO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SodaPDF-converted-TESIS SITI AISYAH.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya media pembelajaran maze yang dapat mengembangkan 6 aspek perkembangan bagi anak usia dini.Sementara pentingnya media pembelajaran yang merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan dari rencana yang telah direncanakan sehingga dapat membentuk lingkungan belajar yang kondusif dan dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efisien dan efektif. Kemudian sesuai pula dengan tujuan pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh anak,Oleh karena itu perlu dikembangkan media maze 3 mimensi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan literasisains di TK Pertiwi Bangko. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media maze 3 dimensi yang layak digunakan pada anak usia dini, sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian untuk mengetahui apakah media permainan maze 3 dimensi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan literasi sains anak TK.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed methods (metode campuran)dan jenis penelitianResearch and Development(R&D). Subjek penelitian adalah: Ahli media, guru dan siswa, kemudian objeknya TK Pertiwi Bangko, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.Teknik pengumpulan data meliputi instrumen pengumpulan data berupa angket hasil penilaian ahli media, uji coba lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media maze 3 dimensi merupakan suatu alat kegiatan yang merangsang aspek perkembangan anak usia dini secara optimaldan dinyatakan sangat layak untuk dikembangkan berdasarkan hasil validasi para ahli (validattor) yang terdiri dari validasi desain media,validasi materi validasi aktivitas belajar, validasi literasi sains nilai rata-rata keseluruhan 4 katagori ini adalah 3,6 dengan kriteria “Sangat Layak”.Hasil penilaian perkembangan dalam tahap uji coba keseluruhan anak diperoleh hasil rekapitulasi tahap I dan tahap II penilaian anak secara kelompok besar dengan nilai skor rata-rata 3,5 dengan kriteria “ Sangat Baik.”Media maze 3 dimensi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan literasi sains pada anak TK, dan layak untuk di gunakan sebagai media pembelajaran di TK.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Media maze 3 dimensi, aktivitas belajar literasi sains di TK Pertiwi Bangko
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD > 372.21 Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2022 07:56
Last Modified: 25 May 2022 07:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11678

Actions (login required)

View Item View Item