Penggunaan Metode Ummi Untuk Meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Baru Kota Jambi

Arsiyanti, Alifah and Anwar, Kasful and Muhammad, Habib (2022) Penggunaan Metode Ummi Untuk Meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Baru Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penggunaan Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Baru Kota Jambi)
201180008-Alifah Arsiyanti-Penggunaan Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur'an Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Baru kota Jambi.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII Madrasah Nurul Iman Kota Baru. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Nurul Iman Kota Baru yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan metode ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Baru berjalan baik dan sesuai dengan tahapan pelaksanaan yang direncanakan; 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Kota Baru mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase pada pra siklus sebesar 55,5%, pada siklus I sebesar 62,96%, dan pada siklus II sebesar 85,2%. Dengan demikian penggunaan metode ummi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII Madrasah Nurul Iman Kota Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Ummi, Membaca Al-Qur'an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:18
Last Modified: 22 Apr 2022 03:20
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item