PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI

Mawaddah, Filda and Sukarno, Sukarno and Hartoyo, Zainal (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi)
SKRIPSI FIILDA MAWADDAH 206180032.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA fisika masih rendah. Banyak guru yang menggunakan metode konvensional. Siswa hanya mendengar dan mencatat. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami suatu konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model problem based learning terhadap berpikir kritis siswa kelas VIII A, semester genap di MTs N 5 Kota tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling . Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs N 5 Kota Jambi. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A, Variabel dalam penelitian ini adalah berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA, desain (one grup pretest-posttest) Pengambilan data dilakukan melalui pretest sebelum diperlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan berdasarkan perbandingan tersebut maka terdapat peningkatan di buktikan dengan uni N-Gain memperoleh nilai 0.70 maka dinyatakan terdapat peningkatan yang tinggi. Dan telah dilakukan uji “t” dengan signifikan lebih kecil dari 0.05% maka variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen maka memperoleh nilai 0.03 berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan bepikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di MTs N 5 kota jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:51
Last Modified: 21 Apr 2022 04:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item