Tradisi Bubakan Dalam Perkawinan Adat Jawa Perspektif Al-'Adah Muhakkamah (Studi Di Desa Lambur II, Kabupaten Tanjung Jabung Timur)

Nisa, Umi Khoirun and Rahmadi, Rahmadi and Sulistio, Dody (2022) Tradisi Bubakan Dalam Perkawinan Adat Jawa Perspektif Al-'Adah Muhakkamah (Studi Di Desa Lambur II, Kabupaten Tanjung Jabung Timur). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Tradisi Bubakan Dalam Perkawinan Adat Jawa Perspektif Al-'Adah Muhakkamah (Studi di Desa Lambur II, Kabupaten Tanjung Jabung Timur))
101180064-Umi Khoirun Nisa-Tradisi Bubakan Dalam Perkawinan Adat Jawa Perspektif Al-'Adah Muhakkamah (Studi Di Desa Lambur II, Kabupaten Tanjung Jabung Timur).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bubakan merupakan upacara adat yang dilaksanakan sebgai pertanda bahwa pemangku hajat adalah orang yang baru pertama kali melangsungkan hajat pernikahan. Dengan tujuan diberikan kelancaran, dari awal acara akad nikah hingga kekek-nenek, dan dimudahkan dalam mencari rezeki. Sebagai bentuk rasa syukur kepada sang kuasa karena orang tua akan menikahkan anak pertamnya dan mendapatkan mantu. Hal ini masih dilaksanakan karena sebagai kepercayaan adat bahwa akan terjadi hal buruk jika tradisi ini tidak dilaksanakan. Dalam hal ini peneliti ingin menyelaminya lebih jauh lagi tentang bagaimana praktek Tradisi bubakan dalam perkawinan adat Jawa di Desa Lambur II Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif tipe kualitatif deskriptif, yang dalam proses penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, melalui riset pustaka dan riset lapangan, interview,observasi, dan penulisan yang disusun secara sistematis, dikaji, dan ditarik sebuah kesimpulan dalam hubungannya dengan masalah yang diteliti. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasannya secara garis besar penerapan kaidah Al-‘Adah Muhakkamah pada tradisi bubakan sesuai dengan syariat dan konsep kaidah tersebut. Hal itu dikarenakan tradisi itu sudah dilakukan cukup lama,berlaku umum dan diterima sangat baik tentunya oleh masyarakat suku Jawa di Desa Lambur II dan tidak bertentangan dengan prinsip hukum Islam yang diterapkan syariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tradisi Bubakan, Perkawinan, Al-‘Adah Muhakkamah
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.3 Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:20
Last Modified: 20 Apr 2022 07:21
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item