STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENINGKATAN BIDANG USAHA MIKRO DI DESA MEDAN SERI RAMBAHAN KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

KUSTINI, LENI and Rasyid, Amhar and Putra, Devrian Ali (2022) STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENINGKATAN BIDANG USAHA MIKRO DI DESA MEDAN SERI RAMBAHAN KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENINGKATAN BIDANG USAHA MIKRO DI DESA MEDAN SERI RAMBAHAN KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI)
105170494 STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENINGKATAN BIDANG USAHA MIKRO DI DESA MEDAN SERI RAMBAHAN KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pelatihan yang diadakan pemerintah dalam bidang usaha mikro yang berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat karena dapat menciptakan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat. Tetapi pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan belum menyentuh dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga belum tepat guna, selain itu peluang dibidang ekonomi yang menunjang kesejahteraan masyarakat masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: langkah-langkah pelaksanaan peningkatan bidang usaha mikro di Desa Medan Seri Rambahan Kecamatan Tebo Ulu Provinsi Jambi diantaranya dengan memaksimalkan pelaksanaan program pelatihan secara efektif dan efesien, meskipun dalam pelaksanaan peningkatan usaha mikro dihadapkan pada masalah covid-19 sehingga berakibat terhentinya kegiatan sehingga mempengaruhi efektifitas peningkatan bidang usaha mikro yang dilakukan oleh Pemerintah karena pelaksanaan program menjadi tertunda. Strategi Pemerintah desa dalam peningkatan bidang usaha mikro di desa Medan Seri Rambahan Kecamatan Tebo Ulu Provinsi Jambi dilakukan dengan beberapa langkah dan cara diantaranya Pemerintah memberikan pelatihan tentang strategi mempersiapkan modal usaha, mengadakan pelatihan strategi manajemen bahan baku, pelatihan strategi manajemen produksi seperti produk, harga, promosi, dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran kompetitif. Kendala dan upaya Pemerintah dalam melaksanakan pelatihan bidang usaha mikro di Desa Medan Seri Rambahan Kecamatan Tebo Ulu Provinsi Jambi diantaranya keterbatasan anggaran untuk melaksanakan program pelatihan sehingga program tersebut kurang terlaksana dengan maksimal. Pemerintah juga dihadapkan pada masalah masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki masyarakat sehingga diperlukan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan. Sedangkan upaya Pemerintah yaitu dengan mengadakan pelatihan untuk menumbuhkembangkan usaha-usaha produktif masyarakat, berperan sebagai mediator dan memperluas kesempatan kerja dengan mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pemerintah Desa, Pelatihan Usaha dan Usaha Mikro
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:17
Last Modified: 20 Apr 2022 06:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item View Item