PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI

Nilam, Rafika and Hurmaini, Hurmaini and Trimadona, Eliza (2022) PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI)
201180054 PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Dengan latar belakang masalah nilai Pendidikan Agama Islam siswa masih di bawah standar dan tidak mencukupi KKM, sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur aktivitas guru dan siswa setiap per siklusnya. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat dan gambaran di Sekolah Menengah Peertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Dan metode dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan metode pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur yaitu 67% pada siklus I dan 83% pada siklus II . Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi iman kepada nabi dan rasul Allah dari peningkatan nilai posttest di setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar, PAI
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:45
Last Modified: 20 Apr 2022 04:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item