ANALISIS PUTUSAN PERKARA NO. 86/Pdt.P/2019/PA.Jmb TENTANG DISPENSASI KAWIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PUTUSAN PERCERAIAN No. 819/Pdt.G/2021/PA.Jmb DI PENGADILAN AGAMA JAMBI KELAS 1A

Jamdes, Nur Oktaviani and Yusuf, Umar and Sulhani, Sulhani (2022) ANALISIS PUTUSAN PERKARA NO. 86/Pdt.P/2019/PA.Jmb TENTANG DISPENSASI KAWIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PUTUSAN PERCERAIAN No. 819/Pdt.G/2021/PA.Jmb DI PENGADILAN AGAMA JAMBI KELAS 1A. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Putusan Perkara No. 86/Pdt.P/2019/PA.Jmb Tentang Dispensasi Kawin dan Hubungannya Dengan Putusan Perceraian No. 819/Pdt.G/2021/PA.Jmb di Pengadilan Agama Jambi Kelas 1A)
NUR OKTAVIANI JAMDES (101180043).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pertimbangan dasar hukum hakim dalam mengabulkan dispensasi kawin. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam mengabulkan suatu permohonan Dispensasi Kawin dan dasar hukum yang telah hakim tetapkan. Metodologi Penelitian skripsi ini penelitian yuridis normatif yang bersifat kualitatif yang mengacu pada norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan. Hasil penelitian pertama yaitu pertama mengetahui alasan hakim mengabulkanya pemohonan dispensasi nikah di pengadilan jambi kelas 1A ialah karena beberapa pertimbangan bahwa permohonan tersebut telah sesuai dengan syarat formil, domisilinya termasuk dalam kewenangan wilayah pengadilan agama jambi kelas 1A itu sendiri, telah matang dari segi sikap,fisik, maupun finnsialnya, tidak adanya juga larangan dalam melakukan pernikahan, tidak adanya paksaan dari pihak manapun untuk melaksungkan pernikahan, pernikahan tersebut memang benar-benar harul dilaksanakan karna keadaan yang mendesak, dan pertimbangan maslahah al-mursalahnya. Kedua mengetahui apa yang menjadi faktor peyebab perceraian dalam putsan No. 819/Pdt.G/2021/PA.Jmb dan yang ketiga tentang Bagaimana Putusan perkara No.86/Pdt.P/2019/PA.Jmb tentang Dispensasi Kawin dan Hubungannya dengan putusan perceraian No.819Pdt.G/2021/PA.Jmb. Beberapa alasan yang menjadi faktor utama perceraian terjadi di pernikahan yang telah dilakukan oleh pasangan belum cukup umur tersebut, ialah, ada dari mereka yang mengatakan bahwa suami tidak bertanggung jawab terhadap isterinya, suami isteri mudah tersinggung dan masih susah menahan emosi satu sama lain, perubahan sikap suami yang tidak disukai oleh isteri, tidak adanya cinta antara keduanya atau salah satu pihak, kepribadian mereka yang menikah di usia muda memang masih rentan akan emosi yang kurang stabil sehingga sering terjadi perselisihan di antara keduanya yang membuat masalah itu muncul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pertimbangan Hakim, Dispensasi Kawin
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.3 Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:05
Last Modified: 18 Apr 2022 07:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item