STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT DI PONDOK PESANTRREN AL KINANAH KOTA JAMBI

Dwi Jordi, Arya and MY, Mahmud and Nafiah MS, Uyun (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT DI PONDOK PESANTRREN AL KINANAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN AL KINANAH KOTA JAMBI)
203180013-STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Modern Al Kinanah Kota Jambi. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh Pondok Pesantren Al Kinanah Kota Jambi. Penelitian ini di muat dalam bentuk deskriptif kualitatif, yang menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan temuan penulis, dalam melakukan pemasarannya, Pondok Pesantren Modern Al Kinanah Kota Jambi menggunakan strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh Pondok Pesantren Modern Al Kinanah Kota Jambi meliputi unsur 5 P yaitu produk (product), yaitu dari segi kemahiran bahasa inggris dan arab, harga (price), yaitu dengan harga yang masih standard rata-rata di pasaran, lokasi (place), Pondok Pesantren Al Kinanah sendiri memiliki lokasi yang strategis yaitu di wilayah kota jambi, orang (people), memiliki sumber daya manusia (guru, pengasuh dan staf) yang berkompeten di bidangnya masing-masing, serta promosi (promotion), yaitu dilakukan dengan menggunakan penyebaran brosur, kalender, pamflet dan konten-konten di media sosial. Faktor pendukung dalam melakukan pemasarannya yaitu berupa promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut oleh para orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karna minimnya biaya. Keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Modern Al Kinanah Kota Jambi dibuktikan dengan meningkatnya animo masyarakat di pondok tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi, Pemasaran, Animo Masyarakat
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:39
Last Modified: 18 Apr 2022 03:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item