MOTIVASI IBU-IBU PENGAJIAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN MAJELIS TA’LIM AL-AWWABIEN KELURAHAN TANJUNG PASIR KOTA JAMBI

MUDRIKA, SITI and Julis, Dailami and Syahbani, Nispi (2022) MOTIVASI IBU-IBU PENGAJIAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN MAJELIS TA’LIM AL-AWWABIEN KELURAHAN TANJUNG PASIR KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (MOTIVASI IBU-IBU PENGAJIAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN MAJELIS TA’LIM AL-AWWABIEN KELURAHAN TANJUNG PASIR KOTA JAMBI)
201180155 MOTIVASI IBU-IBU PENGAJIAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN MAJELIS TA’LIM AL-AWWABIEN KELURAHAN TANJUNG PASIR KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang motivasi ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan Majelis Ta’lim di Kelurahan Tanjung Pasir Kota Jambi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, peneliti berperan langsung sebagai perencana, pelaksana, pengumpulan data, menganalisis data dan sekaligus pelapor data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian pada skripsi ini adalah motivasi ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan Majelis Ta’lim Al-Awwabien sangat bervariasi, diantaranya adalah ada yang karena ingin menambah pengetahuan dibidang keagamaan, menambah wawasan, mempererat silahturrahmi antar sesama jamaah, ada juga dari sebagai bekal untuk akhirat, mengisi waktu kosong, ada juga karena sesuatu yang dirasakan setelah mengikuti pengajian tersebut. Faktor ibu-ibu mengikuti Majelis Ta’lim Al-Awwabien karena kesadaran dan kemauan dari diri sendiri, dan juga jarak antara rumah dan tempat pengajian sangat dekat, sarana dan prasarana memadai, selain itu ada juga yang senang dengan penyampaian yang diberikan ustadz karena materi yang disusun secara terperinci, ada juga karena dorongan dari teman dekat, dorongan dari anak dan yang paling utama adalah mengikuti kegiatan Majelis Ta’lim semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi, Ibu-ibu Pengajian, Majelis Ta’lim
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:24
Last Modified: 14 Apr 2022 04:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11482

Actions (login required)

View Item View Item