IKHTIAR GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI

Sari, Suci Ramanda and Julis, Dailami and Trimadona, Eliza (2022) IKHTIAR GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Ikhtiar Guru dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada Pembelajaran Fiqih di MTs N 1 Kota Jambi Provinsi Jambi)
201180273 Ikhtiar Guru dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada Pembelajaran Fiqih di MTs N 1 Kota Jambi Provinsi Jambi Suci Ramanda Sari.pdf - Published Version

Download (13MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Ikhtiar guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi Provinsi Jambi, Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi Provinsi Jambi, Untuk mengetahui upaya guru mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti yaitu sebagai menunjukkan bahwa Ikhtiar guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi Provinsi Jambi sudah baik, yaitu dengan cara pengajaran dari seorang guru, ketika seorang guru kreatif pada saat mengajar tentunya siswa tersebut tidak merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti proses pembelajaran itu dan tentunya guru diharuskan untuk merancang RPP serta media pembelajaran Fiqih yang membuat peserta didik ikut berperan aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun faktor penghambat guru dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Fiqih yaitu, pengaruh teman sekelas, siswa terlambat masuk kelas, Siswa tidak memperhatikan guru pada saat belajar. Selanjutnya faktor pendukung yaitu guru menyiapkan suatu bahan ajar, membuat RPP, buku guru, media dan metode belajar yang digunakan guru. Adapun cara penyelesaian guru Fiqih dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Fiqih yaitu, pihak Madrasah memberikan suatu bimbingan khusus pada siswa, mendisiplinkan siswa, memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa dan Melaporkan kekurangan siswa kepada wali murid. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka penulis mengajukan saran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, diharapkan agar selalu mengikuti pelatihan-pelatihan yang telah diberikan oleh kepala sekolah supaya nantinya dapat memaksimalkan lagi dan dapat membantu untuk mengatasi proses pembelajaran yang sesuai dengan suatu tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: ikhtiar guru, aktifitas belajar, pembelajaran fiqih
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:00
Last Modified: 14 Apr 2022 03:00
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11446

Actions (login required)

View Item View Item