PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH

Gusmira, Eva and Muliawati, Lousiana and Ilma, Saripah (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH, 1 (2). pp. 67-75. ISSN P-ISSN:2776-5903, E-ISSN:2776-8163

[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH)
enricment.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (Peerreview)
peerReview6.pdf - Supplemental Material

Download (322kB)
[img] Text (Turnitin)
Plagiasi6.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran enrichment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan effect size cohen’s. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode enrichment memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Berdasarkan perhitungan ukuran efek (effect size) diperoleh nilai ds sebesar 1,02. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran enrichment dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi sebanyak 55,4%. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode enrichment ini sangat baik diaplikasikan dalam pembelajaran fisika agar hasil belajar siswa meningkat. Kata kunci: Metode enrichment, quasi eksperimen, hasil belajar fisika

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Sains dan Teknologi
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:43
Last Modified: 13 Apr 2022 04:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item