IMPLEMENTASI PROGRAM METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 MERANGIN PROVINSI JAMBI

FEBRIYANTI, MELIYANA and Hindun, Hindun and Juliana, Rina (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 MERANGIN PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16ERANGIN PROVINSI JAMBI)
IMPLEMENTASI PROGRAM METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 MERANGIN PROVINSI JA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh observasi awal peneliti melalui program metode pembiasaan tadarus Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Merangin disebut dalam sebuah kegiatan yang memiliki fungsi untuk menciptakan lingkungan yang cinta Al-Qur’an dilaksanakan setiap 30 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Tadarus Al-Qur’an atau kegiatan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk peribadatan yang diyakini dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang berimplikasi pada sikap dan perilaku positif, dapat mengontrol diri, dapat tenang, lisan terjaga, dan istiqomah dalam beribadah. Dengan adanya anak terbiasa membaca Al-Qur’an setiap hari, maka itu sebagai langkah awal dalam mengyahati, memahami, mencintai dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya. Pendekatan Penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui program metode pembiasaan tadarus Al-Qur’an dapat dikatakan sebagai program yang sangat baik. Faktor yang menjadi kendala program tadarus Al-Qur’an diantaranya adalah alokasi waktu yang kurang, kurang menghargai waktu, dan factor lingkungan siswa. Sedangkan solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah motivasi dan perhatian dari guru, ciptakan suasana yang inovatif, ciptakan peraturan baru, dan memberikan reward dan funishment. Dengan adanya pembiasaan ini dipagi hari sebelum jam pelajaran dimulai dengan begitu suasana di sekolah tercipta susasana yang religious, mudah melantunkan dan menghafal Al-Qur’an dan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Implementasi, Metode Pembiasaan, Tadarus Al-Qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:48
Last Modified: 04 Apr 2022 03:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item