ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KECAMATAN NIPAH PANJANG

ANDRIANI, YAYUK and Sucipto, Sucipto and Orinaldi, Mohammad (2022) ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KECAMATAN NIPAH PANJANG. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KECAMATAN NIPAH PANJANG)
503172069 Judul - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SAK EMKM pada usaha mikro kecil menengah kecamatan Nipah Panjang. Dikaji guna mengetahui praktik pencatatan laporan keuangan yang dilakukan UMKM tersebut serta faktor-faktor yang menyebabkan tidak terlaksananya pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM pada UMKM tersebut. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni langsung terjun dilapangan terkait dengan apa yang dilakukan mengarah pada deskripsi serta penerapan pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM dengan melakukan wawancara serta mengambil laporan keuangan untuk diolah agar sesuai dengan SAK EMKM. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik Usaha yang dipilih di Kecamatan Nipah Panjang yaitu Usaha Batik Idola, Usaha Kerupuk Harum Melati dan Bangsal Edi. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pencatatan keuangan yang dilakukan secara manual dan masih sangat sederhana. Faktor yang menyebabkan belum terlaksana pencatatan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada usaha mikro kecil menengah Kecamatan Nipah Panjang adalah karena adanya faktor internal yaitu kurangnya pemahaman, kedisiplinan dan sumber daya manusia. Sedangkan faktor eksternalnya karena kurangnya pengawasan dari stakeholder yang berkepentingan dengan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: SAK EMKM, Sistem pencatatan laporan keuangan, UMKM
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:13
Last Modified: 22 Apr 2022 03:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item