PENGARUH ADVERTISING, SALLES PROMOTION, PERSONAL SELLING, DAN PUBLISITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG TABUNGAN SIGINJAI MUDHARABAH (STUDI PADA BANK 9 JAMBI SYARIAH KC. SIPIN PROVINSI JAMBI)

HASRI, VEMY and Nengsih, Titin Agustin and Fielnanda, Refky (2022) PENGARUH ADVERTISING, SALLES PROMOTION, PERSONAL SELLING, DAN PUBLISITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG TABUNGAN SIGINJAI MUDHARABAH (STUDI PADA BANK 9 JAMBI SYARIAH KC. SIPIN PROVINSI JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH ADVERTISING, SALLES PROMOTION, PERSONAL SELLING, DAN PUBLISITAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG TABUNGAN SIGINJAI MUDHARABAH (STUDI PADA BANK 9 JAMBI SYARIAH KC. SIPIN PROVINSI JAMBI))
502171949 Judul - Vemy.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh advertising, salles promotion, personal selling, dan publisitas terhadap kepuasan nasabah pada nasabah Bank 9 Jambi Syariah KC Sipin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan wawancara. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat analisa yang digunakan adalah uji instumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Objek yang digunakan adalah nasabah tabungan mudharabah siginjai Bank 9 Jambi Syariah dari Tahun 2017 sampai 2020 (jumlah nasabah akhir) pada Bank 9 Jambi Syariah KC Sipin dengan jumlah populasi sebanyak 239 nasabah, dengan jumlah sampel sebanyak 144 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel advertising, salles promotion, personal selling, dan publisitas memliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara Parsial dengan menggunakan uji T ke empat variabel independent memiliki pengaruh positif dan signifikan, dengan rincian hasil SPSS : advertising 3,986 > 1,977, salles promotion 2,269 > 1,977, personal selling 8,113 > 1,977, dan publisitas 2,170 > 1,977 (artinya thitung > ttabel) sedangkan nilai signifikan uji T dari setiap variabel independentnya : advertising 0,009 < 0,05, salles promotion 0,007 < 0,05, personal selling 0,000 < 0,05, dan publisitas 0,004 > 0,05 (artinya nilai sig < 0,05). Berdasarkan hasil uji F (simultan) didapatkan hasil bahwa variabel advertising, salles promotion, personal selling, dan publisitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah hal ini dibuktikan melalui pengujian uji f yaitu fhitung > ftabel atau 81,450 > 2,44 dengan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 > 0,05. Nilai koefisien determinan sebesar 0,692 hasil ini menunjukkan bahwa 69,2%, yang artinya menujukkan nilai keputusan nasabah menabung dipengaruhi oleh nilai advertising, salles promotion, personal selling, dan publisitas yang dilakukan oleh Bank 9 Jambi Syariah KC sipin sedangkan sisanya sebesar 30,8% nilai kepuasan naasabah dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Advertising, Salles Promotion, Personal Selling, Dan Publisitas Keputusan Nasabah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:11
Last Modified: 01 Apr 2022 07:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item