PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE (JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2016 - 2020)

Kurniaty, Yulvina Dwi and Sissah, Sissah and Anita, Efni (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE (JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2016 - 2020). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jamni.

[img] Text (Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Financial Distress pada Perusahaan Food and Beverage (Jakarta Islamic Index Periode 2016 - 2020))
Skripsi Yulvina Dwi Kurniaty - Repository.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap financial distress pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dengan jumlah periode data selama 5 tahun yaitu 60 data. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara parsial, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif signifikan dan leverage tidak berpengaruh terhadap financial distress. Secara simultan, menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap financial distress pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016 – 2020. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap financial distress memberikan pengaruh sebesar 60.9% dan sisanya sebesar 39.1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah variabel profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Financial Distress
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:10
Last Modified: 01 Apr 2022 03:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item