PENGEMBANGAN ALAT PERAGA "CIRCULATORY BOTTLE" UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA JAMBI

Maysarah, Maysarah and Jailani, M. Syahran and Fatmawati, Kiki (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA "CIRCULATORY BOTTLE" UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengembangan Alat Peraga "Circulatory Bottle" Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Jambi)
MAYSARAH 204180023-1.pdf - Published Version

Download (84MB)

Abstract

Sains memiliki empat unsur utama, yaitu sikap, proses, produk dan aplikasi, sehingga proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa media pembelajaran yang gunanya untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep materi melalui pengamatan khususnya pada materi alat peredaran darah. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan Alat Peraga “Circulatory Bottle” Pada Materi Peredaran Darah pada Manusia di Kelas V (2) mengetahui pengaruh media terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model ASSURE yang memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurun Najah Olak Kemang Kota Jambi dengan mengambil kelas V yang berjumlah 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran sains dengan menggunakan media replika mendapat penilaian kualifikasi yang baik.Jadi, media pembelajaran Alat Peraga “Circulatory Bottle” terbukti secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas V MI Nurun Najah Olak Kemang Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Pembelajaran, Replika, Alat Peredaran Darah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:09
Last Modified: 31 Mar 2022 06:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item