STRATEGI PROMOSI DAN DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA USAHA BATIK DIANA SEBERANG KOTA JAMBI

RAMADHAN, JORDAN IQBAL and Addiarrahman, Addiarrahman and Zahara, Anzu Elvira (2022) STRATEGI PROMOSI DAN DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA USAHA BATIK DIANA SEBERANG KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI PROMOSI DAN DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA USAHA BATIK DIANA SEBERANG KOTA JAMBI)
501171631 Jordan.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Promosi dan Diferensiasi Produk pada usaha Batik Diana di masa pandemi Covid-19 yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke usaha Batik Diana untuk melakukan wawancara pribadi dengan pemilik Batik Diana, karyawannya dan beberapa konsumen batik. Dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang. Peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu Strategi Promosi dan Diferensiasi Produk , Kendala dan Solusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang dilakukan Batik Diana dalam meningkatkan penjualan yaitu melalui kegiatan periklanan , Personal selling yang meliputi pemberian kartu nama dan kartu ucapan selamat, melakukan Promosi penjualan melalui penyediaan contoh produk, dan potongan harga. Selain itu, promosi yang dilakukan Batik Diana melalui pemanfaatan media promosi berupa internet dan brosur. Strategi diferensiasi yang dilakukan Batik Diana berupa pembuatan batik masker dan warna batik yang lebih modern (milenial) meskipun ada beberapa kendala tetapi Batik Diana masih bisa menemukan solusi dan alternatifnya yaitu dengan mengelola keuangan dan menggunakan bahan baku secara efisien. Kemudian, solusi usaha Batik Diana dalam menghadapi Covid-19 adalah dengan inovasi produk, memaksimalkan media sosial dan memaksimalkan layanan antar atau delivery.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Promosi, Diferensiasi Produk, Penjualan,Covid-19
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:34
Last Modified: 31 Mar 2022 05:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item