PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH KOTA JAMBI

Suryani, Alinda and Jailani, M. Syahran and Fatmawati, Kiki (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Peningkatan Kreativitas Melalui Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi)
204180053 Peningkatan Kreativitas Melalui Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi (2).pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan bagaimana peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV.2 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran Tematik dengan menggunakan model Project Based Learning, peningkatan kreativitas siswa pada Tema Cita-citaku. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan empat tahap meliputi: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan rubik penilaian kreativitas. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data, termasuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan kreativitas siswa yang terjadi pada siklus I memperoleh nilai 66% dengan kategori kurang, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78% dengan kategori cukup dan dilanjutkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai 85% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kreativitas, Project Based Learning, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:38
Last Modified: 30 Mar 2022 06:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item