PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS E-KOMIK MATEMATIKA MATERI STATISTIK PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 BATANGHARI

Anggraini, Nova and Bestari, Hendra and Mardia, Ainun (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS E-KOMIK MATEMATIKA MATERI STATISTIK PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 BATANGHARI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengembangan Media Berbasis E-Komik Matematika Materi Statistik Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Batanghari)
208180037_pengembangan media berbasis e-komik matematika materi statistik pada sekolah menengah pertama negeri 25 batanghari (1).pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran E-Komik matematika materi statistik pada SMP N 25 Batanghari kelas VIII. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan, dan kefektifan penggunaan produk E-Komik matematika bagi siswa/i. Model pengembangan yang diadaptasi pada penelitian ini adalah model Addie dengan beberapa tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hasil validasi ahli materi diperoleh presentase kelayakan 75%, validasi ahli bahasa 75%, dan validasi ahli desain 72% dimana produk akan mengalami perbaikan. Penelitian ini menggunakan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yang akan dinilai oleh siswa/i SMP N 25 Batanghari. Sedangkan berdasrkan hasil angket repon guru terhadap praktilitas penggunaan E-Komik matematika yaitu 93% dan hasil angket respon siswa sebesar 90%. Selain itu terdapat uji efektivitas menggunakan hasil tes kemampuan siswa dan pada tes yang dilakukan memiliki presentase keefektifan produk sebesar 91% ketuntasan siswa dalam mengerjakan tes dengan syarat ketuntasan KKM 71. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa media E-Komik matematika praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Pembelajaran, E-Komik, Model Addie.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:02
Last Modified: 31 Mar 2022 04:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item