HAK-HAK NARAPIDANA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG LEMBAGA PEMASYARAKATAN DI TINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI

Yufita Tri Rezeki, Yufita Tri Rezeki and Gani, Ruslan Abdul and Aiman, Muhammad (2022) HAK-HAK NARAPIDANA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG LEMBAGA PEMASYARAKATAN DI TINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (HAK-HAK NARAPIDANA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG LEMBAGA PEMASYARAKATAN DI TINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI)
SKRIPSI YUFITA TRI REZEKI.pdf - Published Version

Download (959kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dalam Pemenuhan hak narapidana menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Lembaga Pemasyarakatan yang di tinjau dalam pandangan hukum pidana Islam di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jambi. Bagaimana pelaksanaan pememuhan hak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jambi dan bagaimana pula dalam pandangan hukum pidana Islam. Apa saja yang menjadi hambatan atau faktor kendala dalam pemenuhan hak narapidana serta upaya dalam mengatasi kendala dalam pemenuhan hak narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas II A Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap aktivitas dalam pemenuhan hak narapidana, Wawancara dengan beberapa Narasumber Wargabinaan dan Petugas lembaga pemasyarakatan dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan Reduksi data, Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian ini pelaksanaan pemenuhan hak narapidana menurut undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang lembaga pemasyarakatan yang di tinjau dalam hukum pidana Islam di lembaga pemasyarakatan kelas II A Jambi sudah berjalan sesuai dengan undang-undang Nomor 12 tahun 1995 tentang lembaga pemasyarakatan dan juga sudah sesuai dengan hak narapidana dalam hukum Islam tetapi ada beberapa hak yang belum terpenuhi di lembaga pemasyarakatan kelas II A Jambi seperti fasilitas yang layak kurang terpenuhi karena dengan over capacity membuat warga binaan tidak nyaman baik dari segi tidurnya berdesakan, kunjungan kelurga masih di batasi dan juga upah dari hasil pekerjaan belum di berikan dengan alasan produk dari kerajinan belum bisa di jual karena masih pandemi covid 19, kemudian faktor hambatan yaitu over capacity Kurangnya personel anggota pengamanan, Bangunan yang tua dan terjadinya Banjir. Kemudian upaya dalam mengatasi kendala yaitu melakukan program kegiatan secara bertahap, menambah petugas keamanan yang ada, biasanya satu orang petugas keamaan bertanggung jawab untuk 100 orang warga binaan dengan menambah serta memperketat petugas keamanan yang ada dan Upaya dalam dalam hal mengatasi kendala seperti fasilitas bangunan yang tua dan sering terjadinya banjir di Lembaga Pemasyarakatan untuk warga binaanya dipindahkan dari dataran blok yang rendah ke dataran yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pemenuhan Hak Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan, Hukum Pidana Islam
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:06
Last Modified: 28 Mar 2022 02:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item View Item