PENGUATAN MORAL ANAK DI ERA MILLINEAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Handoko, Yudo and Sodiah, Sodiah (2020) PENGUATAN MORAL ANAK DI ERA MILLINEAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0”, 4-6 November 2019, Kampus CIS PSU Pattani-Thailand dan Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI Malaysia.

[img] Text
53. Yudo Handoko, Sodiah_Penguatan Moral Anak_hal.563–572.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Era millinial muncul sebagai respon terhadap era modern yang lebih mengutamakan akal, empirik, dan hal-hal yang bersifat materialistik, sekularistik, hedonistik, fragmatik, dan transaksional. Yaitu pandangan yang memisahkan urusan dunia dengan urusan akhirat. Kehidupan yang demikian didasarkan pada assumsi, bahwa dengan akal, panca indera, dan materi yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi canggih semua masalah dapat dipecahkan. Ingin bepergian jauh tinggal pesan tiket pesawat; ingin tidur nyenyak dan makan nikmat tinggal pergi ke hotel dan restoran, ingin senang-senang, tinggal pergi ke tempat hiburan; ingin sehat tinggal panggil dokter, dan ingin pandai tinggal panggil guru atau nara sumber; ingin memperoleh informasi tingggal lihat Google. Sayangnya era millineal juga dibarengi dengan Degradasi moral. Faktanya, dapat kita lihat dari masa ke masa generasi milenial justru semakin memprihatinkan, virus pemikiran dan budaya Barat, suskes mengantarkannya ke gerbang kehancuran. Aktivitas pacaran, gaul bebas, free sex, aborsi, narkoba, buyling, kejahatan fisik, dan LGBT, turut mewarnai kehidupan generasi milenial. Hal ini membawa pada keterpurukan krisis moral dan lemahnya iman. Lembaga pendidikan Islam, pesantren, sebagai salah satu system pendidikan nasional berkontribusi dalam penguatan moral sebagai jawaban dari degradasi moral yang terjadi era millineal. Penguatan moral yang diberikan adalah penguatan nilai moral ketuhanan, moral social dan moral individu yang dibiasakan kepada peserta didik dengan pola pembiasaan, uswah dan proses pengawasan 24 jam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Mar 2020 06:44
Last Modified: 12 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item