PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN DI DESA MUDUNG DARAT KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI

Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah and Yusuf, Umar and Sulistio, Dody (2022) PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN DI DESA MUDUNG DARAT KECAMATAN MARO SEBO KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (Pandangan Tokoh Masyarkat Terhadap Perceraina di Luar Pengadilan di Desa Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi)
SKRIPSI ABDURRAHMANSYAH FULL .pdf - Published Version

Download (51MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pandangan Tokoh Masyarakat Terhadap Perceraian di Luar Pengadilan di Desa Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi” Cerai atau talak adalah salah satu perbuatan hukum berupa pemutusan hubungan perkawinan dari pihak suami terhadap pihak istri. Dalam pasal 39 ayat (1) Undang - undang nomor 1 Tahun 1974 dan Pasal 65 Undang undang No. 7 Tahun 1989 ditentukan bahwa “Perceraian hanya dapat dilakukan di depan sidang pengadilan setelah pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak (suami -isteri). Dalam kenyataannya masih ada sebagian masyarakat di Desa Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi melakukan talak di luar Pengadilan Agama. Praktek perceraian di luar sidang Pengadilan Agama tersebut oleh tokoh masyarakat Desa Mudung Darat dinilai sah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripskan faktor-faktor penyebab terjadinya talak di luar Pengadilan Agama di wilayah Desa Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi serta menggabarkan dan mendeskripsikan bagaimana pandangan tokoh masyarakat Mudung Darat terhadap talak di luar Pengadilan Agama. Jenis penelitian adalah penelitian lapanan (field research), dilakukan dengan pendekatan yuridis normatif yang bersifat diskriptif analitis. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan tokoh masyarakat yang berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya talak di luar Pengadilan Agama di Desa Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi adalah Kurangnya informasi yang didapat oleh masyarakat Desa Mudung Darat tentang perlunya melakukan perceraian di depan sidang Pengadilan Agama, Perceraian hanya dilkukan oleh para tokoh adat dan tokoh agama dan sekaligus mereka memfalitasi akan terjadinya perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tokoh Masyarakat, Perceraian di Luar Pengadilan
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:12
Last Modified: 14 Mar 2022 04:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item