MEKANISME DAN KELEBIHAN JUAL BELI PERUMAHAN BERBASIS SYARIAH DENGAN CARA KREDIT PADA PERUMAHAN GRIYA ASSALAM KOTA JAMBI

Huda, Siti Nurul and Addiarrahman, Addiarrahman and Badaruddin, Badaruddin (2021) MEKANISME DAN KELEBIHAN JUAL BELI PERUMAHAN BERBASIS SYARIAH DENGAN CARA KREDIT PADA PERUMAHAN GRIYA ASSALAM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi.

[img] Text (Mekanisme dan Kelebihan Jual Beli Perumahan Berbasis Syariah Dengan Cara Kredit Pada Perumahan Griya Assalam Kota Jambi)
Skripsi Siti Nurul Huda Watermark.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Mekanisme Dan Kelebihan Jual Beli Perumahan Berbasis Syariah Dengan Cara Kredit Pada Perumahan Griya Assalam Kota Jambi dan apa alasan masyarakat lebih memilih membeli perumahan dengan cara kredit pada perumahan Griya Assalam Kota Jambi. Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriftip dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan analisis adalah analisis domain, teksonomi dan komponensial. Hasil penelitian menjelaskan mekanisme jual beli perumahan berbasis Syariah dengan Cara Kredit pada Perumahan Griya Assalam Kota Jambi dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya adanya Persyaratan dan Ketentuan Administratif untuk Konsumen tidak rumit dan tidak memberatkan konsumen yang akan melakukan pembelian perumahan secara kredit. Adanya ketentuan dan persyaratan sebelum akad jual beli yang harus dipenuhi dan diketahui oleh konsumen, serta ketentuan tersebut disiapkan oleh pihak perumahan tidak merugikan kedua belah pihak. Mekanisme Pelaksanaan Akad Jual Beli Secara Kredit dilakukan dengan memenuhi syarat dan rukun jual beli setelah adanya kesepakatan, dilanjutkan dengan pelaksanaan akad/perjanjian jual beli secara kredit. Kelebihan perumahan berbasis syariah yang dibeli secara kredit pada perumahan Griya Assalam Kota Jambi, dimana beberpa kelebihan tersebut dapat dilihat dari adanya keringanan pada pembayaran uang muka yang bisa di bayar secara bertahap atau cicil sehingga memberikan keringan dan tidak memberatkan konsumen, tagihan/ansuran setiap bulan bersifat flat dan keterlambatan pembayaran tidak di berlakukan denda sehingga tidak terdapat bunga dan syarat-syarat untuk pengajuan perumahan tidak di persulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Jual Beli, Perumahan Syariah, Pembelian Kredit
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:48
Last Modified: 15 Mar 2022 02:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item