PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUN NAJAH KOTA JAMBI

Febrianti, Feby and Muhsinin, Umil and Mukminin, Amirul (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUN NAJAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUN NAJAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI FEBY FEBRIANTI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan media pembelajaran Big Book dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pembelajaran tematik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurun Najah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022 dan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik sekolah, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif dikelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus untuk melihat hasil keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurun Najah Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurun Najah Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan media pembelajaran Big Book dalam menigkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada pembelajaran tematik Tema 3 Tugasku Sehari- Hari. Peningkatan keterampilan membaca permulaan diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa siklus I sebesar 69.54% dan siklus II sebesar 78.58%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dalam proses pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Membaca Permulaan, Big Book, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:07
Last Modified: 23 Mar 2022 04:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item