FENOMENA GURU PROFESIONAL ABAD 21

Adiati, Adiati (2020) FENOMENA GURU PROFESIONAL ABAD 21. In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0”, 4-6 November 2019, Kampus CIS PSU Pattani-Thailand dan Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI Malaysia.

[img] Text
44. Adiati_Fenomena Guru Profesional Abad 21_463-472.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Guru merupakan orang pertama mencerdaskan manusia, orang yang memberi bekal pengetahuan, pengalaman, dan menanamkan nilai-nilai, budaya, dan agama terhadap anak didik, dalam proses pendidikan guru memegang peran penting setelah orang tua dan keluarga di rumah. Di lembaga pendidikan guru menjadi orang pertama, bertugas membimbing, mengajar, dan melatih anak didik mencapai kedewasaan. Setelah proses pendidikan sekolah selesai, diharapkan anak didik mampu hidup dan mengembangkan dirinya di tengah masyarakat dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman yang sudah melekat di dalam dirinya. Guru juga memiliki kepekaan terhadap perubahan-perubahan yang teijadi dalam dunia kependidikan, seperti perubahan kurikulum satu kali dalam 10 tahun. Guru diminta untuk cepat beradaptasi dengan perubahan itu dengan cara mengikuti penataran, workshop, dan belajar dengan teman se-profesi. Munculnya kurikulum 2013 yang dilandasi kemajuan teknologi dan informasi maka masyarakat menganggap pendidikan Indonesia terlalu memfokuskan/menitikberatkan aspek kognitif. Artinya siswa terlalu dibebani banyak tugas mata pelajaran sehingga tidak membentuk siswa untuk memiliki pendidikan karakter, sehingga inilah yang menyebabkan munculnya kurikulum 2013.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords / Katakunci: Fenomena, Guru Profesional, Abad 21
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Mar 2020 05:58
Last Modified: 13 Mar 2020 02:20
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item