PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

Amin, Ali and Anwar, Kasful and Muhammad, Habib (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI)
201180164 PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi berada di Kecamatan Danau Teluk tepatnya di Jalan KH. Hasan Anang Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk sekitar 1 KM dari Pasar Tradisional Olak Kemang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Fiqh siswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi, beserta problematika dalam pembelajaran Fiqh siswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi , dan apa yang dilakukan guru fiqih untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memperoleh data melalui penelitian berdasarkan objek lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Problematika-problematika dalam pembelajaran Fiqh di kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi yaitu : Problem siswa yang meliputi, Problem guru yang meliputi : kurangnya waktu pembelajaran dan kurang jelasnya atau kurang besarnya suara guru dalam menyampaikan materi, Problem lingkungan, problem kurikulum dan Problem sarana dan prasarana. Usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Fiqh di kelas yaitu : Siswa di perintahkan untuk membiasakan diri dalam membaca Al-Qur‟an dan mengikuti ekstrakurikuler BTQ. Memberi motivasi kepada siswa agar menjadi pribadi yang pemberani dan percaya diri. Guru mencoba untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat mudah diterima oleh semua siswa serta guru memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kesulitan dalam menerima materi pembelajaran. Guru memisahkan tempat duduk siswa yang sering menggangu temannya atau disuruh untuk duduk di depan. Upaya guru dalam mengatasi problem lingkungan yaitu dengan cara memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah. Upaya dalam mengatasi problem kurikulum yaitu denganmenggunakan metode konvensional yang kiranya mudah dipahami dan diterima oleh siswa dan Upaya dalam mengatasi problem sarana dan prasarana yaitu guru diharapkan mengguanakan media audio visual yang berupa radio, televisi atau infocus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problematics, Fiqh Learning, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:32
Last Modified: 08 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item