FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2017-2020

NISA, KHAIRUN and Malik, Abdul and Siregar, Erwin Saputra (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2017-2020. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2017-2020)
503172008 Judul - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dana insentif daerah ditentukan langsung oleh Kementerian keuangan, Penilaian faktor utama yaitu hasil laporan keuangan daerah minimal harus Wajar Dengan Pengecualian (WDP) serta penetapan APBD tepat waktu, dan juga berdasarkan kinerja kesehatan fiskal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kejelasan sasaran anggaran, pengendalian akuntansi, dan sistem pelaporan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini dilakukan di 20 dinas di Kabupaten Sarolangun. Populasi dan sampel terdiri dari kepala dinas, sekretaris, bendahara, kassubag keuangan, kepala bidang, dan operator keuangan di dinas Kabupaten Sarolangun. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner 60 dan hanya 54 kuesioner yang dapat diolah. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan alat bantu menggunakan SPSS. Hasil penelitian berdasarkan uji T menunjukkan bahwa secara parsial kejelasan sasaran anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Sarolangun, variabel pengendalian akuntansi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Sarolangun, dan variabel sistem pelaporan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Sarolangun. Berdasarkan uji F secara simultan kejelasan sasaran anggaran, pengendalian akuntansi, dan sistem pelaporan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Akuntansi, Sistem Pelaporan, Akuntabilitas Kinerja.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:02
Last Modified: 02 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item View Item