ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KAMPUNG LAUT KECAMATAN KUALA JAMBI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

KHOIRIAH, ULFATUL and Majid, M. Nazori and Fielnanda, Refky (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KAMPUNG LAUT KECAMATAN KUALA JAMBI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KAMPUNG LAUT KECAMATAN KUALA JAMBI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR)
501171790 Judul - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dalam strategi pemasaran di tinjau dari bauran pemasaran 4p yang terdiri dari produt, price, place dan promotion berdasarkan pendapat Philip kotler dan amstrong serta untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta merumuskan strategi pemasarana yang tepat melalui analisis SWOT ( strengths, weaknesses, opportunities dan threats) pada usaha industri rumah tangga kerupuk udang di kampung laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Usaha kerupuk udang di kampung laut kecamatan kuala jambi kabupaten tanjung jabung timur telah menerapkan bauran pemasaran 4p dari segi produk, price, place, dan promotion namun belom menerapkan secara optimal sehingga usaha kerupuk udang di kampung laut belum mengalami perkembangan atau lambat dalam perkembangan. (2) Berdasarkan analisis SWOT pada Usaha kerupuk udang kampung laut maka Strenght (kekuatan) : Bahan baku udang mudah didapat, pembuatan kerupuk udang tidak sulit, produk tahan lama, kualitas produk terjamin, harga terjangkau, tidak memakai bahan berbahaya ataupun pengawet. Weaknesses (kelemahan) : Modal yang terbatas, bentuk kemasan kurang menarik, promosi, ketersediaan bahan baku yang kadang sulit didapat, surat-surat usaha belum, lengkap Opportunities (peluang) : Banyak peminat, lokasi ramai, banyak wisatawan, memanfaatkan media sosial, mudah di temukan. Threats (ancaman) : Faktor cuaca, banyak pesaing, konsumen beralih keproduk lain, persaingan harga yang ketat, persaingan promosi yang ketat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Pemasaran 4p, Analisis SWOT, Industri Rumah Tangga, Kerupuk Udang
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:16
Last Modified: 25 Feb 2022 07:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item