PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TRI SUKSES BOARDING SCHOOL KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI

Pertiwi, Ria Dian and Hasanah, Dewi and Trimadona, Eliza (2022) PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TRI SUKSES BOARDING SCHOOL KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pemanfaatan WhatsApp Group Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Tri Sukses Boarding School Kota Jambi Provinsi Jambi)
201180232 Pemanfaatan WhatsApp Group Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Tri Sukses Boarding School Kota Jambi Provinsi Jambi-Laampiraan Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan WhatsApp Group Sebagai Media Pembelajaran Online pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Tri Sukses Boarding School Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Aspek-aspek, hambatan dan solusi yang ada dalam Pemanfaatan WhatsApp group Sebagai Media Pembelajaran Online pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Tri Sukses Boarding School. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara bersama kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam sebagai sumber utama. Selanjutnya melakukan wawancara bersama peserta didik kelas IX. Jumlah Peserta didik kelas IX adalah 37, yang terdiri dari 18 laki-laki dan 19 perempuan. Kemudian menggunakan observasi non-partisipan serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Serta Teknik analisis data berupa data reduction, data display dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah memanfatakan WhatsApp Group. Aspek-aspek yang ada dalam Pemanfaatan WhatsApp Group Sebagai Media Pembelajaran Online pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam bentuk keaktifan dan penugasan seperti membaca Al-Quran melalui voice note dan membuat cerita Islami dikirim dalam bentuk foto/file word yang menyesuaikan dengan fitur yang ada dalam aplikasi WhatsApp fitur chat (pesan teks), panggilan suara, dokumen, foto, video, voice note. Hambatan dalam penerapan pemanfaatan WhatsApp Group seperti terkendalanya sinyal, terbatasnya kuota, tugas yang menumpuk, Tidak memiliki smartphone, dan kesulitan dalam memahami materi yang diberikan. Solusi dari hambatan yang ada adalah pihak sekolah memberikan bantuan kuota,melakukan kunjungan ke daerah peserta didik, menggunakan media tambahan seperti Google Classroom,menhubungi guru yang bersangkutan dan pergi ke lokasi yang sinyalnya memadai. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan WhatsApp Group dapat menunjang pembelajaran online atau jarak jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: WhatsApp, Pembelajaran Online, Media Pembelajaran Online
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:01
Last Modified: 22 Feb 2022 05:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item