PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERINTEGRASI KONSEP SAINS-IN RELIGION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

Rohania, Rohania and Syefrinando, Boby and Tanti, Tanti (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERINTEGRASI KONSEP SAINS-IN RELIGION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERINTEGRASI KONSEP SAINS-IN RELIGION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURURRODHIYAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI ROHANIA TF. 140585 Watermark.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran Ipa merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit bagi kebayakan siswa. Hal ini menjadi tantatangan untuk pengintegrasian antara ilmu agama dengan IPA (science in religion). Mata pelajaran IPA terutama fisika masih meiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini membantu untuk mencari pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif terintegrasi konsep science-in religion terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Penelitisn ini menggunakan Quasi-Eksperiment dengan post control grup. Instrument penelitian yang digunakan adalah butir soal. Dalam menganalisis data deskriptif dan statistik parametrik digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan ujihepotesis (T-Test). Berdasarkan analisis yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif terintegrasi konsep science-in religion terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan hipotesisnya diperoleh nilai sebesar 3,45 nilai ini lebih tinggi dari Ttabel 5%= 1,677. Skor tersebut menunjukan penggunaan model penelitian ini lebih baik daripada yang tidak menerapkan model kooperatif terintegrasi konsep science-in religion.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, kooperatif terintegrasi, sains-in religion
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:10
Last Modified: 21 Feb 2022 07:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item