FORMULASI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Ikhtiar Membangun Bangsa yang Berkakter)

Rasyidi, Saipullah and Islami, Hayatul and Ramli, M. (2020) FORMULASI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Ikhtiar Membangun Bangsa yang Berkakter). In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0”, 4-6 November 2019, Kampus CIS PSU Pattani-Thailand dan Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI Malaysia.

[img] Text
38. Saipullah Rasyidi, dkk_Formulasi Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Qur’an_hal.405-414.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tawaran dari wahyu untuk membentuk karakter pribadi dan bangsa harus menjadi pilihan awal bagi umat manusia khususnya Islam, utamanya pada masa sekarang ini. Ide-ide transenden wahyu perlu diterjemahkan pada sektor yang lebih humanis, sehingga wahyu tidak hanya menjadi alat untuk panduan ibadah formal. Termasuk dalam kaitan ini adalah ide dasar (konsep) pendidikan karakter. Oleh sebab itu, al-Qur‟an memberikan tawaran-tawaran dalam membentuk karakter bangsa. Pendidikan karakter yang ditawarkan al-Qur‟an perlu direalisasikan dengan segera, sebelum persoalan-persoalan sosiologis lainnya bergerak ke arah kerumitan teoritis yang lebih kompleks. Namun relitasnya belum nampak bahwa ide-ide al-Qur‟an tentang pendidikan karakter bangsa terejawantahkan baik secara formal maupun non formal. Tulisan ini singkat akan memberikan penjelasan yang gamblang tentang formulasi pedidikan karakter yang ditawarkan dan diusung oleh al-Qur‟an dalam membentuk bangsa yang memiliki karakter kuat agar dapat direalisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tulisan ini murni menggunakan metode library research dalam melakukan kajiannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:07
Last Modified: 12 Mar 2020 03:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item View Item