Analisis Kelayakan Ruang Kelas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan Intensitas Cahaya

Gusmira, Eva and Putri, Anitiya (2017) Analisis Kelayakan Ruang Kelas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan Intensitas Cahaya. In: Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA, Oktober 2017, Jambi.

[img] Text (Analisis Kelayakan Ruang Kelas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan Intensitas Cahaya)
Prosiding2017.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Turnitin)
Plagiasi_prosiding1.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Peerreview)
peerReview7.pdf - Supplemental Material

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kelayakan ruang kelas untuk proses pembelajaran berdasarkan intensitas cahaya di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian dilakukan di gedung kuliah K.H. Saman Samsudin pada dua belas ruang kelas yang baru digunakan pada tahun 2017. Teknik analisis data penelitian ini dengan statistik deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Pengukuran intensitas cahaya di setiap ruang kelas menggunakan alat lux meter. Pengukuran dilakukan pada kondisi lampu dimatikan dan dilakukan pada beberapa titik agar mengetahui seberapa besar intensitas cahaya alami yang ada di ruang kelas tersebut. Ruang kelas dikatakan layak apabila memenuhi kebutuhan standar tingkat pencahayaan yang direkomendasikan oleh N.V Philips sebesar 300 – 500 lux. Dari seluruh ruang kelas (12 kelas) yang ada di gedung kuliah K.H. Saman Samsudin penulis menemukan bahwa ruang kelas yang layak untuk proses pembelajaran berdasarkan intensitas cahaya adalah ruang kelas 35 dan 38 dengan persentase kelayakan sebesar 16,67 %. Adapun agar ruang kelas yang tidak layak berdasarkan intensitas cahaya dapat memenuhi kebutuhan standar tingkat pencahayaan yang direkomendasikan oleh N.V Philips, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada di ruang tersebut antara lain penggunaan pencahayaan buatan seperti lampu LED dapat digunakan untuk ruang kelas dengan intensitas cahaya berada di bawah standar tingkat pencahayaan yang direkomendasikan oleh N.V. Philips. Penanaman pohon disekitar bangunan, penggunaan kanopi bangunan, atau penggantian kaca jendela bening menjadi kaca rayband 40% dapat digunakan untuk ruang kelas yang intensitas cahayanya berada di atas standar tingkat pencahayaan yang direkomendasikan oleh N.V. Philips Kata kunci: Kelayakan, Ruang Kelas, Intensitas Cahaya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Depositing User: Fakultas Sains dan Teknologi
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:54
Last Modified: 13 Apr 2022 04:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item View Item